Cara Menggunakan Fungsi Statistika Pada Microsoft Excel

PENGERTIAN
Microsoft
Excel merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik). Fungsi dari Microsoft Excel adalah untuk melakukan
operasi perhitungan serta dapat mempresentasikan data ke dalam bentuk tabel. Fungsi adalah rumus dalam
Ms-excel yang sudah terdefinisikan untuk suatu perhitungan secara otomatis.
Penulisan fungsi dalam Ms-Excel diawali dengan tanda sama dengan (=),
terkecuali jika fungsi tersebut bersifat tersarang (nested). Penggunaan fungsi
akan jauh memperingkas penulisan daripada menggunakan rumus dengan maksud yang
sama.
FUNGSI-FUNGSI STATISTIK
Microsoft Excel menyediakan cukup banyak
fungsi statistik. Namun di sini akan dibahas fungsi statistik yang sering
digunakan dalam memanipulasi lembar kerja Ms-excel. Fungsi-fungsi tersebut
meliputi:
Ø MIN : Mencari data terkecil kebalikannya max)
Ø AVERAGE : Mencari data rata-rata (termasuk sel kosong juga dirata-rata)
Ø COUNT : Menghitung jumlah sel yang ada isinya
Ø MEDIAN : Mencari nilai tengah
Ø LINEST : Nilai paling optimal
LANGKAH-LANGKAH
- Fungsi MIN
Fungsi
MIN (minimal) digunakan untuk
mencari nilai terendah dari sekumpulan data (range). Bentuk rumusnnya adalah : =MIN. excemple :
Buat data angka terlebih dahulu, kemudian masukan rumus MIN pada function Microsoft Excel. Setelah rumus dimasukan maka akan muncul Function Arguments pada gambar diatas. Masukan data pada Number1 yang akan dihitung nilai minimalnya.
Maka hasilnya akan terlihat seperti pada gambar diatas.
- Fungsi MAX
Fungsi
MAX (maximal) digunakan untuk
mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk rumusnnya adalah : =MAX
Sama seperti menggunakan rumus MIN, hanya saja data yang akan dihitung nilai maksimalnya berbeda.
Hasil dari nilai Maksimal dengan menggunakan rumus MAX adalah 78.- Fungsi AVERAGE
Fungsi
AVERAGE digunakan untuk menghitung nilai-nilai rata-rata. Bentuk rumusannya adalah : =AVERAGE
Ketikan rumus AVERAGE pada Insert Fuction, jangan lupa untuk selalu diawali dengan simbol sama dengan (=).
Masukan data yang telah dibuat sebelumnya ke kolom Number1 pada Function Arguments.
Setelah memasukan rumus dan memasukan data, maka klik enter dan hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di atas.- Fungsi COUNT
Fungsi
COUNT digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang dipilih.
Bentuk rumusnnya adalah : =COUNT
Ketikan rumus COUNT pada Insert Fuction, jangan lupa untuk selalu diawali dengan simbol sama dengan (=).
Masukan data yang telah dibuat sebelumnya ke kolom Value1 pada Function Arguments.
Setelah memasukan rumus dan memasukan data, maka klik enter dan hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di atas.
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI BLOG SAYA
SEMOGA DAPAT MEMBANTU YAH
Komentar
Posting Komentar