Cara Menggunakan Fungsi Statistika Pada Microsoft Excel



FUNGSI STATISTIKA DALAM MICROSOFT EXCEL

PENGERTIAN
Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik). Fungsi dari  Microsoft Excel adalah untuk melakukan operasi perhitungan serta dapat mempresentasikan data ke dalam bentuk tabel. Fungsi adalah rumus dalam Ms-excel yang sudah terdefinisikan untuk suatu perhitungan secara otomatis. Penulisan fungsi dalam Ms-Excel diawali dengan tanda sama dengan (=), terkecuali jika fungsi tersebut bersifat tersarang (nested). Penggunaan fungsi akan jauh memperingkas penulisan daripada menggunakan rumus dengan maksud yang sama.

FUNGSI-FUNGSI STATISTIK
Microsoft Excel menyediakan cukup banyak fungsi statistik. Namun di sini akan dibahas fungsi statistik yang sering digunakan dalam memanipulasi lembar kerja Ms-excel. Fungsi-fungsi tersebut meliputi:

Ø  MIN                : Mencari data terkecil kebalikannya max)
Ø  AVERAGE   : Mencari data rata-rata (termasuk sel kosong juga dirata-rata)
Ø  COUNT         : Menghitung jumlah sel yang ada isinya
Ø  MEDIAN       : Mencari nilai tengah
Ø  LINEST         : Nilai paling optimal

LANGKAH-LANGKAH
  1. Fungsi MIN
Fungsi MIN (minimal) digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data (range). Bentuk rumusnnya adalah : =MIN. excemple :
Buat data angka terlebih dahulu, kemudian masukan rumus MIN pada function Microsoft Excel. Setelah rumus dimasukan maka akan muncul Function Arguments pada gambar diatas. Masukan data pada Number1 yang akan dihitung nilai minimalnya.

 
 Maka hasilnya akan terlihat seperti pada gambar diatas.

  1. Fungsi MAX
Fungsi MAX (maximal) digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk rumusnnya adalah : =MAX
Sama seperti menggunakan rumus MIN, hanya saja data yang akan dihitung nilai maksimalnya berbeda.
Hasil dari nilai Maksimal dengan menggunakan rumus MAX adalah 78.

  1. Fungsi AVERAGE
Fungsi AVERAGE digunakan untuk menghitung nilai-nilai rata-rata. Bentuk rumusannya adalah : =AVERAGE 
 Ketikan rumus AVERAGE pada Insert Fuction, jangan lupa untuk selalu diawali dengan simbol sama dengan (=).
Masukan data yang telah dibuat sebelumnya ke kolom Number1 pada Function Arguments.
Setelah memasukan rumus dan memasukan data, maka klik enter dan hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di atas.


  1. Fungsi COUNT
Fungsi COUNT digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang dipilih. Bentuk rumusnnya adalah : =COUNT


 Ketikan rumus COUNT pada Insert Fuction, jangan lupa untuk selalu diawali dengan simbol sama dengan (=).
 Masukan data yang telah dibuat sebelumnya ke kolom Value1 pada Function Arguments.
Setelah memasukan rumus dan memasukan data, maka klik enter dan hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di atas.


TERIMAKASIH  ATAS KUNJUNGAN ANDA DI BLOG SAYA
SEMOGA DAPAT MEMBANTU YAH

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menggunakan Fungsi IF Pada Microsoft Excel

Sistem Aplikasi Informasi Manajemen Produksi

Cara Menggunakan Fungsi TRANSPOSE Pada Microsoft Excel