Cara Menggunakan Fungsi IF Pada Microsoft Excel


Cara Menggunakan Fungsi IF Pada Microsoft Excel
Pengertian Fungsi IF (JIKA)
Fungsi IF merupakan salah satu fungsi paling populer di Excel, yang memungkinkan Anda membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan dengan menguji kondisi dan mengembalikan hasil jika True atau False. Dalam bentuk yang paling sederhana, fungsi IF mengatakan : IF (Sesuatu adalah Benar, lakukanlah sesuatu, jika tidak lakukanlah hal lain).
Oleh karena itu, pernyataan IF dapat memiliki dua hasil. Hasil pertama jika perbandingan Anda Benar dan hasil kedua jika perbandingan Salah. Pernyataan IF sangat kuat, dan membentuk dasar dari banyak model lembar bentang, namun pernyataan ini juga merupakan penyebab utama dari banyak masalah lembar bentang.
Secara ideal, pernyataan IF harus berlaku terhadap kondisi minimal, seperti Pria/Wanita, Ya/Tidak/Mungkin/Misalnya, namun terkadang Anda mungkin perlu mengevaluasi skenario lebih kompleks yang membutuhkan penumpukan* lebih dari 3 fungsi IF secara bersamaan. * “Penumpukan” mengacu kepada praktik penggabungan beberapa fungsi secara bersamaan dalam satu rumus.
Contoh IF Berkalang (LOOP)
Digunakan untuk menguji suatu hal, dan menampilkan hasil berdasar hasil uji Bentuk : =IF(D3<40;"E";IF(D3<=50;"D";IF(D3<=60;"C";IF(D3<=80;"B";IF(D3>=81;"A";"-")))))
Berikut adalah contoh pernyataan IF standar untuk mengonversi data nilai mahasiswa menjadi peringkat huruf yang setara.

Fungsi IF :
Rumus ini masih berfungsi dengan benar dan akan berfungsi seperti yang diharapkan, namun akan memakan waktu lama untuk menulis dan lebih lama lagi untuk menguji guna memastikan rumus tersebut berfungsi seperti yang Anda inginkan. Masalah penting lainnya adalah Anda harus memasukkan skor dan nilai huruf yang setara secara manual. Kesalahan pengetikan secara tidak sengaja sangat mungkin terjadi.

Tips:
  • Setiap fungsi dalam Excel memerlukan kurung buka dan tutup ().
  • Excel akan mencoba membantu Anda mencari tahu suatu rumus termasuk pada kurung yang mana dengan mewarnai berbagai bagian rumus saat Anda mengeditnya.
  • Sebagai contoh, jika Anda ingin mengedit rumus di atas, saat memindahkan kursor melewati setiap tanda kurung tutup ), warna tanda kurung buka yang terkait dengannya akan berubah menjadi warna yang sama. 
  • Hal ini akan sangat membantu dalam rumus bertumpuk yang kompleks ketika Anda mencoba mencari tahu apakah terdapat cukup tanda kurung yang cocok atau tidak.



Sekian Info Dari Saya Semoga Berguna Dan Bermanfaat. Selamat Mencoba ya Teman-Teman



by : www.aisyahmubarokahriau.blogspot.com

Komentar

  1. Sangat membantu kaka, terimakasih atas info yang kaka berikan 😊

    BalasHapus
  2. Sangat detail and good
    I like it

    BalasHapus
  3. How to make money from gambling? - Work Paper
    A gambler can make money by making 바카라 사이트 a profit หาเงินออนไลน์ by making a profit from a sport bet. This is done through the use of a method that allows the player to take the money deccasino

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Aplikasi Informasi Manajemen Produksi

Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP - HLOOKUP Pada Microsoft Excel