Cara Menggunakan Fungsi TRANSPOSE Pada Microsoft Excel



Cara Menggunakan Fungsi TRANSPOSE Pada Microsoft Excel
Pengertian
Fungsi Transpose digunakan untuk mengembalikan sel rentang vertikal atau sebagai rentang horisontal, begitu juga sebaliknya. Fungsi Transpose dapat diartikan juga untuk mengubah data menurun atau menjadi data mendatar. Terkadang kita juga perlu memindahkan atau memutar sel, biasanya anda dapat melakukannya dengan menyalin (copy), menempelkan (paste) dan memotong (cut). Namun, melakukannya akan membuat duplikat data, jika tidak menginginkannya, Anda dapat mengetikkan rumus fungsi TRANSPOSE.
Kunci untuk membuat TRANSPOSE berfungsi adalah pastikan untuk menekan CTRL+SHIFT+ENTER setelah mengetikkan rumus. Jika belum pernah memasukkan rumus semacam ini sebelumnya, semoga langkah-langkah berikut ini akan memandu Anda sepanjang proses.

Fungsi TRANSPOSE
Fungsi transpose digunakan untuk mencari nilai transpose dari suatu tabel.
Bentuk : =TRANSPOSE (array)
Contoh tabel :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Langkah untuk melakukan TRANSPOSE :
1.      Ketikkan rumus =TRANSPOSE(Array)  -> hasilnya #VALUE
2.      Blok sel kosong dengan ukuran setara TRANSPOSE nya
3.      Tekan F2 lalu tekan tombol Ctrl + Shift + Enter

Langkah 1 : Pilih sel kosong 
Pertama, pilih beberapa sel kosong. Namun, pastikan untuk memilih jumlah sel yang sama dengan jumlah rangkaian sel asli, tetapi pada arah yang berbeda. Misalnya, ada 9 sel di sini yang diatur secara horizontal, kemudian kita perlu memilih sembilan sel horizontal juga untuk meletakkan data yang akan diurutkan, seperti ini:

Inilah tempat sel yang baru dan telah diubah urutannya sesuai dengan yang kita inginkan.

Langkah 2 : Ketik =TRANSPOSE(
Dengan sel kosong tersebut masih dalam keadaan dipilih, ketikkan: = TRANSPOSE(
Excel akan terlihat mirip dengan ini:

Perhatikan bahwa sembilan sel tersebut masih dipilih meskipun kita mulai mengetikkan rumus.

Langkah 3 : Ketik rentang sel asli
Sekarang ketik rentang sel yang ingin Anda ubah urutannya. Tetapi jangan tekan ENTER terlebih dahulu! Berhenti mengetik, dan masuk ke langkah berikutnya. Excel akan terlihat mirip dengan ini:

Langkah 4 : Tekan CTRL+SHIFT+ENTER
Sekarang, tekan CTRL+SHIFT+ENTER. Mengapa? Karena fungsi TRANSPOSE hanya digunakan di rumus array. Dan itulah cara menyelesaikan rumus array. Rumus array, singkatnya, adalah sebuah rumus yang diterapkan ke lebih dari satu sel. Karena Anda memilih lebih dari satu sel di langkah 1 (Anda memilihnya, bukan?), rumus akan diterapkan ke lebih dari satu sel. Inilah hasil yang setelah menekan CTRL+SHIFT+ENTER:
Sehingga hasilnya akan langsung berubah seperti ini :

Tips
  • Anda tidak perlu mengetikkan rentang secara manual. Setelah mengetik =TRANSPOSE( Anda dapat menggunakan mouse untuk memilih rentang. Cukup klik dan seret dari bagian awal rentang ke bagian akhir. Tetapi ingat: tekan CTRL+SHIFT+ENTER ketika Anda selesai, bukan dengan menekan ENTER dengan sendirinya.
  • Ingatlah bahwa fungsi ini akan membuat duplikat. Sehingga jika sel asli Anda berubah, salinan tersebut tidak akan diperbarui.

Detail teknis
·         Fungsi TRANSPOSE mengembalikan rentang sel vertikal sebagai rentang horizontal, atau sebaliknya. Fungsi TRANSPOSE harus dimasukkan sebagai rumus array dalam rentang yang masing-masing memiliki jumlah baris dan kolom yang sama karena rentang sumber memiliki kolom dan baris. Gunakan TRANSPOSE untuk mengubah orientasi vertikal atau horizontal dari array atau rentang di lembar kerja.

Sekian informasi cara menggunakan fungsi TRANSPOSE dengan langkah-langkah yang sederhana dari saya semoga dapat membantu
Salam
aisyahmubarokah030997@gmail.com
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menggunakan Fungsi IF Pada Microsoft Excel

Sistem Aplikasi Informasi Manajemen Produksi